Penyebab Rasa Sakit di Payudara Selain Kanker

by -
Penyebab Rasa Sakit di Payudara Selain Kanker
Pixabay

lifestyle.belitongekspres.co.id, JAKARTA – Rasa sakit yang terjadi di area payudara adalah hal yang tidak bisa dianggap remeh. Akan tetapi, tidak semua rasa sakit itu, ada hubungannya dengan kondisi kesehatan yang serius, seperti kanker contohnya.

Seperti dilansir Women’s Health Mag, rasa sakit di area tersebut, dapat dipicu oleh masalah kesehatan lain. Dan beberapa ini adalah daftarnya:

Anda terlalu banyak ngopi

kendati kopi tidak bertanggungjawab secara langsung sebagai penyebab sakit pada dada, namun beberapa studi menunjukan bahwa bagi wanita dengan jaringan fibrocycstic (benjolan) di dadanya, mengurangi asupan kafein dapat mengurangi rasa sakit yang muncul.

Anda sedang PMS

Penyebab yang paling umum dari rasa sakit di area payudara adalah perubahan hormon yang berbarengan dengan siklus bulanan anda.

Anda sedang membentuk tubuh

Sakit pada area dada juga bisa disebabkan oleh aktifitas pushup atau mengangkat beban. Anda mungkin mengira rasa sakit ini terjadi di dada, namun kenyataannya terjadi pada otot di bawah dada.

Otot pektoral anda tegang

Ketika mengangkat beban berat seperti perabotan rumah atau tas dapat menyebabkan tegangnya otot pektoral yang juga terletak di bawah dada.

Ukuran bra tidak proporsional

Salah memilih ukuran pakaian dalam dapat memberikan konsekuensi besar pada dada. Jika bra anda terlalu besar atau ukuran cupnya terlalu kecil, kawat yang terdapat di dalam bra dapat menjadi masalah tersendiri.

Ada benjolan pada dada

Benjolan pada dada tidak selalu berarti kanker payudara. Namun ketika terjadi perubahan hormonal, benjolan ini bisa menjadi terlalu sensitif.

Namun perlu dicatat, apapun penyebabnya, rasa sakit di area payudara adalah sesuatu yang tidak bisa ditentutkan sendiri penyebabnya. Berkonsultasi dengan dokter terkait, sangatlah dianjurkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.(ruf/fin)