Menangis Karena Tayangan TV Menyehatkan?

by -
Menangis Karena Tayangan TV Menyehatkan
Pixabay

lifestyle.belitongekspres.co.id – Tahukah Anda, menangis gara-gara tontonan Anda di televisi, tidak sekedar Anda membuat Anda meneteskan air mata secara Cuma-Cuma.

Karena menurut sebuah penelitian, menangis karena tontonan televisi, ternyata punya manfaat tersendiri bagi manusia, khususnya jika dilihat dari sisi psikologi.

Menurut penjelasan Jennifer Barnes, asisten profesor dari fakultas psikologi di University of Ohlahoma, Amerika Serikat, kondisi ini disebut sebagai parasocial.

Artinya, dengan menangis makan secara tidak sadar, Anda menciptakan hubungan satu arah (jatuh cinta dengan tayang televisi), yang manfaatnya, dapat membantu anda dalam meningkatkan rasa percaya diri dan mengobati rasa kesepian.

Menurut Time Health, secara garis besar, riset tersebut mendorong agar orang untuk menikmati tayangan televisi yang dapat menggugah emosi kita.

“Hal yang menarik dari hal ini adalah otak kita tidak benar-benar diciptakan untuk membedakan apakah hubungan ini (antara Anda dengan acara yang Anda tonton) nyata atau tidak. Jadi parasocial ini dapat memberikan manfaat di dunia nyata,” ungkap Jennifer.

Tidak hanya bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang dan rasa sepi yang menyelimuti pikiran seseorang, parasocial juga bisa digunakan meningkatkan aluturisme, atau rasa peduli terhadap sesama.(ruf/fajar)