Kopi Panas dan Kaitannya dengan Kanker

by -
Kopi Panas dan Kaitannya dengan Kanker
Pixabay

lifestyle.belitongekspres.co.id – Siapa yang tidak suka dengan konsumsi kopi atau teh, khususnya dalam keadaan masih panas, terlebih di pagi hari atau saat turun hujan.

Namun tahukah Anda, meminum kopi atau teh dalam keadaan terlalu panas, ada kaitannya dengan salah satu jenis kanker pada manusia, dalam hal ini kanker esofagus.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan International Agency for Research on Cancer (IARC), mengkonsumsi kopi, seperti yang digunakan sebagai sampel penelitian itu, memang berkaitan dengan jenis kanker yang disebut di atas.

Penyebabnya sendiri bukanlah pada kopi yang diminum, namun lebih kepada kebiasaan meminum kopi itu. Diketahui bahwa meminum kopi yang masih terlalu panas, dapat memicu kanker pada saluran yang menyambungkan antara tenggorokan dengan lambung itu.

Risiko ini meningkat ketika seseorang mengkonsumsi kopi panasnya, dengan suhu di atas 65 derajat celsius, sementara kebanyakan orang, menurut sebuah penelitian gabungan, menyeruput kopi panasnya, pada suhu 70 derajat Celsius.

Terbiasa menyeruput kopi terlalu panas? Anda mungkin ingin lebih menahan diri setelah ini.(ruf/fin)